Workshop RPS dan Modul sTILES

  • 11 Februari 2021
  • 10:03 WITA
  • Administrator
  • Berita

GOWA, FSH.UIN-ALAUDDIN.AC.ID., Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas pendidikan dalam proses pembelajaran semester genap, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum melaksanakan Workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Modul Student Teacher Integrated Learning System (STILeS), Rabu 10 Februari 2021 di Hotel Amaris Pettarani Makassar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Sekretaris Program Studi Ilmu Hukum, Serta seluruh dosen yang bergelut dan mengajarkan mata kuliah Ilmu Hukum dan Hukum Islam. 

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. H. Muammar Muhammad Bakry, Lc., M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini merupakan kegiatan yang sangat penting dalam rangka peningkatan mutu akademik civitas akademika Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, pembuatan Modul STILeS ini merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran di kelas, kita berharap dengan adanya kegiatan ini lahir model pembalajaran yang terintegrasi antara Dosen dan Mahasiswa yang diwujudkan dalam bentuk suatu modul pembelajaran yang akan digunakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, dari kurikulum dan modul yang kita susun ini diharapkan dapat menjadi bahan ajar yang kemudian ketika diterapkan kepada mahasiswa dapat menjadi tolak ukur kualitas dan mutu pendidikan.

Kegiatan  ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu akademik civitas akademika Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, proses pembelajaran harus dilakukan secara terarah dan terukur, olehnya itu dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan suatu modul pembelajaran dengan model terintegrasi antara dosen mahasiswa, modul dan kurikulum yang disususun haruslah sesuai dengan harapan dan tujuan Fakultas Syariah dan Hukum serta sesuai dengan keluaran mahasiswa kita, sehingga dapat dijadikan tolak ukur dalam melihat kualitas Pendidikan di Fakultas Syariah dan Hukum, sambutnya. 

Dr. Rahman Syamsuddin, SH., MH. Selaku Ketua Program Studi Ilmu Hukum berharap bahwa kegiatan  ini dapat menjadi wadah peningkatan kualitas dosen sehingga dapat mentransformasi keilmuan kepada mahasiswa, selain itu dengan adanya kegiatan ini kami berharap proses pembelajaran dapat dilakukan secara terstruktur, terarah dan terukur. Kegiatan ini juga merupakan proses persiapan akrediatasi 9 kriteria yang telah ditetapkan oleh BAN-PT.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dosen dalam memasuki perkuliahan semester genap tahun ajaran 2020/2021, selain dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi dosen dalam meningkatkan kualitas keilmuan yang kemudian dapat disampaikan kepada mahasiswa di kelas, kami berharap kegiatan yang seperti ini dapat dilaksanakan setiap semester untuk mengevaluasi dan mempersiapkan kesiapan dosen sebelum memasuki proses pembelajaran, tambahnya.

Istiqamah, SH., MH. Selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meriview kambali modul STILeS dan RPS yang telah dibuat sebelumnya, kegiatan ini Kembali kami laksanakan dalam rangka memberikan pencerahan kepada para dosen dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran.

Untuk diketahui, kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dengan menghadirkan Narasumber, H. Zulfahmi, M.Ag., Ph.D. yang akan membahas mengenai Modul Student Teacher Integrated Learning System (STILeS) dan Dr. Hj. St. Syamsudduha, M.Pd. yang akan membahas mengenai penyusunan rencana pembelajaran semester.


Editor: Sadri Saputra. S.